KEGIATAN PEMBELAJARAN BIOTEKNOLOGI KONVENSIONAL BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL)
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan mata pelajaran ditingkat SMP/MTs yang berkaiatan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya sebagai penguasaan kumpulan pengetahuan faktual saja, tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Pendidikan IPA di sekolah menengah diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam penerapannya didalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, saya Amilenita Febyanti, S.Pd. selaku guru mata pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Selemadeg, mengajak peserta didik melakukan kegiatan project untuk menerapkan teori Bioteknologi Konvensional khususnya di bidang pangan.
Bioteknologi merupakan salah satu ilmu terapan di bidang biologi yang memanfaatkan teknologi sebagai aplikasi dalam pemanfaatan berbagai organisme untuk menghasilkan suatu produk barang dan jasa. Memasuki Era Revolusi Industri 4.0, ilmu Bioteknologi sangat berperan penting karena dapat mengatasi berbagai masalah di bidang pangan, kesehatan, dan energi.
Kegiatan pembelajaran ini dilakukan oleh seluruh peserta didik kelas IXB – IXG, dilaksanakan secara berkelompok dan telah ditentukan oleh guru agar kemampuan peserta didik pada satu kelompok ialah heterogen. Setiap kelompok dapat memilih salah satu project bioteknologi konvensional sesuai dengan minat siswa, yaitu pembuatan tempe, donat, tape singkong/ketan, dan yoghurt. Melalui kegiatan pembelajaran ini, peserta didik mampu menjelaskan prosedur cara pembuatan produk yang dipilihnya melalui proses fermentasi serta dapat menjelaskan dengan menggunakan teori Bioteknologi dalam pembuatannya. Peserta didik juga dapat menemukan faktor permasalahan terjadinya kegagalan produk yang telah dibuat sekaligus mampu mengatasi terjadinya kegagalan produk tersebut.
Setelah produk bioteknologi berhasil dan diolah, peserta didik diberikan form untuk meminta penilaian terhadap guru pengampu, teman sebaya, dan juga guru-guru lainnya agar hasil penilaian tersebut valid.
Kegiatan pembelajaran dilanjutkan dengan pengolahan data yang ditulis dalam LKPD yang telah saya bagikan kepada setiap kelompok dan mempresentasikan hasil produk yang telah dibuat oleh peserta didik dengan menampilkan bahan presentasi sesuai dengan kreativitas peserta didik, yaitu ada yang membuat Video, PPt, dan Poster. Tujuan lainnya dilakukan kegiatan project ini ialah untuk memberikan skill kepada peserta didik dalam memahami materi Bioteknologi dan memberikan pengalaman yang berkesan bagi peserta didik selama kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan wawasan pengetahuan serta mengembangkan kreatifitas peserta didik dalam mengolah makanan, menghias, dan membuat bahan presentasi produk semenarik mungkin.
Bahan Presentasi berupa Poster oleh Peserta Didik
Bahan Presentasi berupa Video oleh Peserta Didik
Bahan Presentasi berupa Power Point oleh Peserta Didik
https://drive.google.com/file/d/1yldlWlmEbYC-jUBM1yjyfhTbzyXyYRbK/view?usp=drivesdk
Oleh : Amilenita Islam Nuriza Febyanti, S.Pd.
Komentar
Jadilah yang pertama berkomentar di sini